Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Dasar (Studi Situs Sekolah Dasar Negeri 01 Tugu Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar)

Hastuti, Sri (2011) Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Dasar (Studi Situs Sekolah Dasar Negeri 01 Tugu Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (389kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) perencanaan pengelolaan pembelajaran Pendidikan Dasar di SD Negeri 01 Tugu, 2) pelaksanaan pengelolaan pembelajaran Pendidikan Dasar di SD Negeri 01 Tugu, 3) dan evaluasi pengelolaan pembelajaran Pendidikan Dasar di SD Negeri 01 Tugu. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Informan penelitian adalah Kepala Sekolah, Guru dan Komite SD Negeri 01 Tugu. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi berperan, wawancara mendalam, dan pencatatan dokumen. Wawancara dan observasi untuk memperoleh data yang valid dan reliabel sedangkan dokumentasi untuk memperoleh data pelengkap. Analisis data penelitian menggunakan analisis interaktif model. Hasil penelitian yang diperoleh adalah : 1) Perencanaan pengelolaan kegiatan pembelajaran di SD Negeri 01 Tugu sudah berjalan dengan baik dengan indikator : ketersediaan silabus untuk tiap mata pelajaran, penyusunan rencana program pembelajaran yang dilakukan oleh guru mengacu pada silabus; perencanaan pengelolaan kegiatan pembelajaran mengacu pada visi dan misi sekolah; adanya keterlibatan aktif guru dalam proses penyusunan program pengajaran; pembelajaran yang direncakan adalah pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan; pembuatan sumber belajar secara interaktif dan kontektual dengan menggunakan media pembelajaran/alat peraga yang dimodifikasi; adanya pertimbangan alokasi waktu dengan teknik penilaian berbasis kelas mengacu pada KKM yang hendak dicapai sehingga patokan nilai minimal yang hencak dicapai merupakan nilai yang realistis. 2) Pelaksanaan pengelolaan kegiatan pembelajaran di SD Negeri 01 Tugu sudah baik dengan indikator strategi pembelajaran yang bervariasi, bahan ajar yang interaktif dan kontektual. Proses kegiatan pembelajaran yang dilakukan juga mengacu pada belajar tuntas, pemberian jam tambahan, pelaksanaan kegiatan les privat, kegiatan jam ke nol diisi kegiatan BTA, pelaksanaan kegiatan pengembangan diri. 3) Evaluasi pengelolaan kegiatan pembelajaran pada Pendidikan Dasar di SD Negeri 01 Tugu mencakup penilaian proses belajar yang sedang berlangsung dan penilaian hasil belajar. Meski secara non akademik, pengelolaan kegiatan pembelajaran sukar diketahui mengingat tetapi keberhasilannya dapat dilihat dari dari prestasi akademik yang ditunjukkan oleh siswa didiknya. Prestasi akademik yang berhasil diraih oleh siswa berbagai event lomba baik tingkat local (kecamatan) hingga tingkat kabupaten. Evaluasi yang dilakukan tidak terbatas pada siswa saja tetapi juga guru sebagai pengelola kegiatan pembelajaran. Evaluasi yang dilaksanakan kepala sekolah SD Negeri 01 Tugu pada umumnya menghasilkan umpan balik baik positif dari guru. Positif dalam pengertian guru dapat menerima evaluasi dari pengawas dan bersikap proaktif.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan pembelajaran, pendidikan dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 28 May 2012 08:42
Last Modified: 28 May 2012 13:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18870

Actions (login required)

View Item View Item