Penerapan Model Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs (Praktek Berpasangan) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Koperasi Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Sdn 03 Karang Kecamatan Karang Pandan Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012

SIHYANTI , SIHYANTI (2012) Penerapan Model Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs (Praktek Berpasangan) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Koperasi Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Sdn 03 Karang Kecamatan Karang Pandan Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (154kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (77kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan model practice rehearsal pairs. (2) Untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan teknik practice rehearsal pairs. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas/Class Room Action Research (CAR). Penelitian dilakukan sebanyak 3 siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, analisis dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 03 Karang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model practice rehearsal pairs dapat meningkatkan hasil belajar yang terlihat dari adanya peningkatan partisipasi aktif siswa dalam diskusi kelompok, kemampuan mengidentifikasi pembelajaran dengan model practice rehearsal pairs. Peningkatan proses pembelajaran ini mampu meningkatkan hasil belajar IPS pada siklus I sebesar 52.5 pada siklus II 66.25 pada siklus III 86.25. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan model practice rehearsal pairs dapat meningkatkan hasil belajar IPS; (2) Penggunaan model practice rehearsal pairs dapat meningkatkan penguasaan materi tentang koperasi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Practice Rehearsal Pairs dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 21 May 2012 10:21
Last Modified: 21 May 2012 12:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18740

Actions (login required)

View Item View Item