Perancangan Mobile Game Edukasi Ular Tangga Berbasis J2ME (Java 2 Micro Edition) Sebagai Metode Belajar Matematika Siswa SD

Januarti, Mega (2011) Perancangan Mobile Game Edukasi Ular Tangga Berbasis J2ME (Java 2 Micro Edition) Sebagai Metode Belajar Matematika Siswa SD. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (120kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)

Abstract

Ponsel sudah menjadi alat bantu pintar yang memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dua arah, tetapi juga menjadi sarana hiburan, alat mengetik, menyimpan data, merekam dan memutar ulang, serta mengirimkan ke hampir seluruh dunia suara dan gambar yang sudah direkam melalui jaringan internet. Banyaknya telepon selular yang berkembang saat ini juga menjadikan banyaknya aplikasi yang berjalan pada telepon selular. Baik itu aplikasi yang bersifat umum ataupun aplikasi yang bersifat mobile game. Beragam aplikasi mobile game telah banyak dimainkan, terutama oleh anak-anak dan sebagian besar jenis mobile game tersebut memberikan kesan menghibur. Oleh karena itu, dirancanglah sebuah aplikasi game yang berjalan pada telepon selular dan memberikan nilai edukasi bagi anak-anak. Game ini berupa game ular tangga yang didalamnya terdapat pertanyaan yang berada pada beberapa kotak dari papan permainan. Untuk dapat melanjutkan permainan, pemain harus dapat menjawab pertanyaan tersebut. Dimana pertanyaan yang keluar berupa soal Matematika tingkat Sekolah Dasar. Sehingga disamping anak-anak mendapatkan hiburan mereka juga mendapat nilai edukasi saat memainkan game tersebut. Hasil dari perancangan mobile game edukasi ular tangga ini mampu membantu dalam metode belajar matematika untuk siswa-siswa SD, sehingga secara tidak langsung akan membuat anak senang belajar matematika dan mendapatkan nilai yang baik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak L200/2012-02
Uncontrolled Keywords: Mobile game, ular tangga, J2ME.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 21 May 2012 06:59
Last Modified: 13 Jul 2012 10:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18737

Actions (login required)

View Item View Item