Penerapan Strategi Komunikasi Program Community Relations Oleh Sebuah Organisasi (Studi Kasus Program Dana Kompensasi Batubara Pltu 1 Rembang Oleh Pt. Zelan Priamanaya Kepada Masyarakat Desa Leran Dan Trahan, Sluke, Kabupaten Rembang)

ANIQ, MOH. (2012) Penerapan Strategi Komunikasi Program Community Relations Oleh Sebuah Organisasi (Studi Kasus Program Dana Kompensasi Batubara Pltu 1 Rembang Oleh Pt. Zelan Priamanaya Kepada Masyarakat Desa Leran Dan Trahan, Sluke, Kabupaten Rembang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (172kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)

Abstract

Seorang public relations harus mampu menjaga hubungan baik dengan komunitas di sekitar organisasi tempatnya bekerja yang diwujudkan melalui berbagai program kegiatan community relations. Hubungan dengan masyarakat sekitar (community relations) senantiasa perlu dipelihara dan dibina apalagi hubungan ini terjadi di tengah kontroversi. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah proyek pembangunan PLTU 1 Rembang mendapat penolakan dari masyarakat sekitar karena mereka merasa bahwa pembangunan PLTU tersebut akan dapat merusak lingkungan tempat mereka tinggal. Saat tahap uji coba dilakukan, PT. Zelan Priamanaya sebagai pelaksana proyek pembangunan PLTU 1 Rembang mendatangkan batubara yang di tempatkan pada halaman PLTU. debu dari batubara yang ada pada halaman PLTU terbawa oleh angin dan menganggu aktivitas serta kesehatan masyarakat Desa Leran dan Trahan kecamatan Sluke, Kabupaten Rembang. Kegiatan community relations dengan memberikan dana kompensasi diharapkan mampu menjalin hubungan yang baik dengan komunitas sekitar proyek pembangunan PLTU 1 Rembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali bagaimana penerapan pendekatan community relations dalam program dana kompensasi batubara PLTU 1 Rembang yang dijalankan PT. Zelan Priamanaya terhadap masyarakat Desa Leran dan Trahan Kecamatan Sluke, Kabupaten Rembang. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, metode analisis yang digunakan adalah studi kasus. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa adanya metode program community relations pemberian dana kompensasi polusi debu batubara bukan keaktifan pihak PT. Zelan Priamanaya melihat kedaan masyarakat sekitar yang terkena dampak polusi batubara, namun program tersebut terlaksana karena adanya keinginan atau tuntutan oleh masyarakat Desa Leran dan Trahan. Persoalan hasil dari program kompensasi polusi debu batubara menunjukkan bahwa masyarakat Desa Leran dan Trahan menerima dana kompensasi. namun ada sebagian warga Desa Leran yang tidak puas atas besaran nominal yang telah diberikan oleh PT. Zelan Priamanaya dari dana kompensasi tersebut. Kata Kunci: Penerapan, Community Relations, dan PT. Zelan Priamanaya

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak L100/2012-21
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Community Relations, dan PT. Zelan Priamanaya
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 11 May 2012 10:32
Last Modified: 31 Jul 2012 06:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18658

Actions (login required)

View Item View Item