Porsi Iklan Display Dalam Surat Kabar Harian Daerah (Analisis Isi Kuantitatif Porsi Penggunaan Halaman Iklan Display Komersial Pada Surat Kabar Harian SOLOPOS dan Jawa Pos Radar Solo Berdasarkan Aspek Ukuran Dan Frekuensi Pada Periode Terbit Bulan Januari 2011)

FATIMAH, RINA (2012) Porsi Iklan Display Dalam Surat Kabar Harian Daerah (Analisis Isi Kuantitatif Porsi Penggunaan Halaman Iklan Display Komersial Pada Surat Kabar Harian SOLOPOS dan Jawa Pos Radar Solo Berdasarkan Aspek Ukuran Dan Frekuensi Pada Periode Terbit Bulan Januari 2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (115kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img]
Preview
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf

Download (201kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)

Abstract

Periklanan dan surat kabar merupakan dua hal yang sangat berhubungan. Surat kabar dipandang sebagai media yang banyak digunakan oleh pengiklan dalam memperkenalkan produk atau jasanya dengan biaya yang murah dibandingkan dengan media elektronik. Iklan sendiri merupakan sumber pendapatan yang terbesar. Bisa dikatakan bahwa fakor pendukung perusahaan pers tetap eksis salah satunya adalah peranan periklanan. Ukuran space (ruang) dan frekuensi terbit untuk beriklan yang di jual di surat kabar bisa dikatakan sebagai pemasukan terbesar bagi surat kabar demi lancarnya proses produksi surat kabar tersebut. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana kecenderungan penggunaan ruang beriklan untuk iklan display komersial pada harian umum Solopos dan Jawa Pos Radar Solo dari aspek ukuran dan frekuensi periode terbit bulan Januari 2011. Sehingga bisa diketahuai iklan apa yang mendominasi pada masing-masing surat kabar yang dilihat dari aspek ukuran kolom dan frekuensi terbit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode content analysis (analisis isi), karena yang dijadikan permasalahan dalam penelitian ini adalah isi pesan dalam sebuah media cetak surat kabar yaitu berupa iklan. Dengan analisis isi memungkinkan peneliti untuk menganalisis segala bentuk komunikasi guna mendapatkan pesan yang menyeluruh dari isi pesan yang manifes. Jenis penelitian diskriptif kuantittif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dari aspek ukuran kolom, pada kedua objek penelitian yaitu harian umum Solopos dan Jawa Pos Radar Solo yang mendominasi adalah sama yaitu kategori iklan kendaraan. Namun dari aspek frekuensi berbeda, di Solopos frekuensi terbanyak diisi oleh kategori iklan “hiburan dan event” dan Jawa Pos Radar Solo adalah kategori iklan “lain-lain”.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak L100/2012-10
Uncontrolled Keywords: Analisis isi, iklan display komersial, ukuran kolom, frekuensi
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 11 May 2012 10:22
Last Modified: 13 Jul 2012 09:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18656

Actions (login required)

View Item View Item