Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Tentang Hipertensi Terhadap Pengetahuan Tentang Hipertensi Pada Posyandu Gelatik Wilayah Kerja Puskesmas Pundong Kabupaten Bantul

WARDANA, SULCHAN CHRIS (2012) Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Tentang Hipertensi Terhadap Pengetahuan Tentang Hipertensi Pada Posyandu Gelatik Wilayah Kerja Puskesmas Pundong Kabupaten Bantul. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (226kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (151kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Data WHO tahun 2004 menyebutkan bahwa penyebab kematian nomor satu di dunia ditempati oleh penyakit kardiovaskuler dengan jumlah 31,5% untuk wanita dan 26,8% laki-laki, sedangkan hipertensi ditahun yang sama menempati urutan 13 setelah diabetes militus sebesar satu juta jiwa atau sebesar 1,7% dari jumlah kematian. WHO dan para ahli pendidikan kesehatan, terungkap bahwa pengetahuan masyarakat tentang kesehatan sudah tinggi, tetapi praktik masyarakat masih rendah. Hal tersebut terbukti bahwa perubahan atau peningkatan pengetahuan masyarakat tentang kesehatan tidak diimbangi dengan peningkatan atau perubahan perilaku masyarakat. Pasien dengan pengetahuan dan kesadaran tentang tekanan darah sangat penting dalam menentukan kemampuan untuk berhasil mengontrol tekanan darah. Saat ini, kurangnya tingkat pengetahuan tentang tekanan darah terbukti menjadi predictor independen dari kontrol tekanan darah yang buruk. Metode Penelitian: Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian analitik dengan rancangan Quasi Experiment. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebesar 37 responden yang merupakan pasien posyandu di wilayah kerja Puskesmas Pundong. Pengaruh penyuluhan kesehatan tentang hipertensi terhadap pengetahuan responden dilakukan analisis dengan uji Wilcoxon. Hasil penelitian: Dari perhitungan data statistik didapatkan P=0.000. Karena P<0.05 maka H0 ditolak sedangkan H1 diterima. Kesimpulan: Penyuluhan tentang hipertensi berpengaruh terhadap pengetahuan pasien hipertensi di posyandu Gelatik wilayah kerja Puskesmas Pundong Kabupaten Bantul.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hipertensi, Penyuluhan Kesehatan, Pengetahuan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 09 May 2012 11:42
Last Modified: 09 May 2012 11:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18629

Actions (login required)

View Item View Item