Peningkatan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran IPA Tentang Gaya Dan Gerak Melalui Strategi Pembelajaran Toys Dan Trick Pada Siswa Kelas V SD Negeri Mojosari Tahun Pelajaran 2011/2012

Armiyanto, Wari Widi (2012) Peningkatan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran IPA Tentang Gaya Dan Gerak Melalui Strategi Pembelajaran Toys Dan Trick Pada Siswa Kelas V SD Negeri Mojosari Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (73kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab V)
07._Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran IPA tentang gaya dan gerak melalui strategi pembelajaran toys dan trick pada siswa kelas V SD Negeri Mojosari tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 15 siswa..Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD tersebut. Penelitian ini diawali dengan kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dilakukan dengan cara reduksi, penyajian kemudian dilanjutkan dengan mengambil kesimpulan lalu verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan trategi pembelajaran toys dan trick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada siswa kelas V SD Negeri Mojosari tahun pelajaran 2011/2012. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan pembelajaran sebelum tindakan sebesar 60% dan setelah dilakukan tindakan sebesar 86,66% pada siklus I, dan diakhir tindakan sebesar 93,33% pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah Strategi pembelajaran toys dan trick pada pembelajaran IPA materi gaya dan gerak dapat meningkatkan hasil belajar siswa siswa kelas V SD Negeri Mojosari tahun pelajaran 2011/2012

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Toys dan Trick, pembelajaran IPA, gaya dan gerak.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 07 May 2012 06:04
Last Modified: 07 May 2012 13:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18550

Actions (login required)

View Item View Item