Perbedaan Kepuasan Dan Persepsi Terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Inap Pasien Jamkesmas Dan Non Jamkesmas Di Bangsal Mina Kelas Iii Rs. Pku. Muhammadiyah Karanganyar

Sanyoto, Iman and , Bd. Sulastri, S.Kp., M.Kes and , H.M. Abi Mu hlisin, SKM,M.Kep (2012) Perbedaan Kepuasan Dan Persepsi Terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Inap Pasien Jamkesmas Dan Non Jamkesmas Di Bangsal Mina Kelas Iii Rs. Pku. Muhammadiyah Karanganyar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
cover_iman.pdf

Download (74kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.I)
iman_1.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab.II)
iman_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.III)
iman_3.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (Bab.IV)
iman_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab.V)
iman_5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
iman_dp.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran_angket.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)

Abstract

Program Jamkesmas untuk meningkatkan kepuasan masyarakat miskin terhadap kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas maupun rumah sakit rujukan pada prakteknya masih saja terdapat penyimpangan pada penerapannya di level masyarakat bawah. Salah satunya masih sering terjadi perbedaan pelayanan antara pengguna Jamkesmas dan non Jamkesmas. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan kepuasan dan persepsi terhadap kualitas pelayanan rawat inap antara pasien Jamkesmas dan non Jamkesmas di RS. PKU. Muhammadiyah Karanganyar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif non eksperimen dengan desain deskriptif korelasional. Subjek penelitian ini adalah pasien rawat inap di Bangsal Mina Kelas III RS. PKU Muhammadiyah Karanganyar berjumlah 60 responden terdiri dari 30 pasien Jamkesmas dan 30 non Jamkesmas. Teknik analisis data menggunakan Oneway Anova. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai F = 4,408 dengan Sign. = 0,040 (Sign. < 0,01) yang berarti ada perbedaan tingkat kepuasan antara pasien Jamkesmas dan non Jamkesmas, dengan mean pasien Jamkesmas 93,67 dan pasien non Jamkesmas 97,70. Hasil analisis juga menunjukkan nilai F = 1,327 dengan Sign. = 0,254 (Sign. > 0,01) yang berarti tidak ada perbedaan kualitas pelayanan antara pasien Jamkesmas dan non Jamkesmas. Kesimpulan yang diperoleh yaitu ada perbedaan tingkat kepuasan antara pasien Jamkesmas dan non Jamkesmas di RS PKU Muhammadiyah Karanganyar, dimana tingkat kepuasan pasien Jamkesmas lebih rendah dibandingkan non Jamkesmas; tidak ada perbedaan kualitas pelayanan antara pasien Jamkesmas dan non Jamkesmas di RS PKU Muhammadiyah Karanganyar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, Persepsi, Jamkesmas
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 02 May 2012 10:25
Last Modified: 19 Nov 2019 02:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18453

Actions (login required)

View Item View Item