Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Tentang Menopause Dengan Kecemasan Dalam Menghadapi Menopause Pada Ibu-Ibu Di Kelurahan Bulan Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten

Widyawati, Anna (2012) Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Tentang Menopause Dengan Kecemasan Dalam Menghadapi Menopause Pada Ibu-Ibu Di Kelurahan Bulan Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
BAGIAN_DEPAN.pdf

Download (181kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_1.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_DUA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_TIGA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_EMPAT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_LIMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)

Abstract

Menopause merupakan hal alami yang terjadi pada setiap wanita. Sebagian orang beranggapan bahwa menopause merupakan hal yang menyenangkan, dan sebagian lagi menganggap bahwa menopause adalah kesedihan karena kehilangan masa produktif. Istilah menopause berarti masa berhentinya menstruasi. Bagi wanita yang menilai atau menganggap menopause itu sebagai peristiwa yang menakutkan (stressor) dan berusaha untuk menghindarinya, maka strespun sulit dihindari. Ia akan merasa sangat menderita karena kehilangan tanda-tanda kewanitaan yang selama ini dibanggakannya. Pengetahuan wanita tentang menopause membantu mereka dalam memahami proses-proses terjadinya menopause, serta dampak yang akan dialami ketika menopause. Semakin paham mereka tentang menopause, maka mereka akan tahu bagaimana bersikap terhadap keadaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan tentang menopause dengan kecemasan dalam menghadapi menopause di Kelurahan Bulan Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah adalah wanita pada usia 45-50 tahun yang belum memasuki masa menopause, yang berada di Kelurahan Bulan Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten dan sampel penelitian sebanyak 62 orang. Instrumen penelitian adalah kuesioner, sedangkan teknik analisis data adalah chi square. Kesimpulan penelitian adalah : (1) Tingkat pengetahuan ibu tentang menopause menunjukkan paling banyak berpengetahuan sedang, (2) tingkat kecemasan ibu dalam menghadapi menopause menunjukkan paling banyak mengalami kecemasan ringan, dan (3) terdapat hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang menopause dengan tingkat kecemasan ibu dalam menghadapi menopause di Kelurahan Bulan Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten, yaitu semakin tinggi tingkat pengetahuan ibu tentang menopause maka tingkat kecemasan ibu dalam menghadapi menopause semakin ringan. Kata kunci: pengetahuan, kecemasan, menopause.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak J210/2012-14
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, kecemasan, menopause
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 30 Apr 2012 11:28
Last Modified: 06 Jul 2012 06:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18393

Actions (login required)

View Item View Item