Peningkatan Kemandirian Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Guided Note Taking Berbasis Tutor Sebaya (Ptk Pembelajaran Matematika Pada Lingkaran Kelas Viii Semester Genap Di Smp N 2 Kartasura Tahun Ajaran 2011/2012)

ERNIYATI , ERNIYATI (2012) Peningkatan Kemandirian Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Guided Note Taking Berbasis Tutor Sebaya (Ptk Pembelajaran Matematika Pada Lingkaran Kelas Viii Semester Genap Di Smp N 2 Kartasura Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (214kB)
[img]
Preview
PDF (bab 1)
3._Bab_I.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (bab 2)
4._Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] PDF (bab 3)
5._Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab 4)
6._Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF (bab 5)
7._Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
8._Daftar_Pustaka.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (lampiran)
9._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

PENINGKATAN KEMANDIRIAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI GUIDED NOTE TAKING BERBASIS TUTOR SEBAYA (PTK Pembelajaran Matematika Pada Lingkaran Kelas VIII Semester Genap di SMP N 2 Kartasura Tahun Ajaran 2011/2012) Erniyati, A410080260, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2012, 68 hal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemandirian siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan strategi guided note taking berbasis tutor sebaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah peneliti sebagai pemberi tindakan, dan siswa kelas VIII F yang berjumlah 40 siswa sebagai subyek penerima tindakan, serta guru matematika sebagai observer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan kemandirian siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator kemandirian siswa yang meliputi: (a) Mengerjakan soal latihan secara mandiri sebelum tindakan 20% dan setelah tindakan 46,15%, (b) Mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan 7,5% dan setelah tindakan 25,64%, (c) Mengerjakan soal latihan di depan kelas sebelum tindakan 10% dan setelah tindakan 30,76%. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi guided note taking berbasis tutor sebaya dapat meningkatkan kemandirian siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemandirian, guided note taking, dan tutor sebaya
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 19 Apr 2012 10:08
Last Modified: 19 Apr 2012 10:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18084

Actions (login required)

View Item View Item