PENINGKATAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK PERTIWI GEDAREN JATINOM KLATEN TAHUN PELAJARAN 2011/2012

WIGATININGSIH, BETY (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK PERTIWI GEDAREN JATINOM KLATEN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (56kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img]
Preview
PDF (Daf pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (6kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak kelas B melalui metode bermain peran TK Pertiwi Gedaren tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian tindakan ini adalah anak kelas B TK Pertiwi Gedaren yang berjumlah 20 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi yaitu dengan lembar observasi penerapan metode bermain peran, wawancara yang digunakan adalah antara peneliti dengan anak dan berdokumentasi dalam penelitian ini yaitu daftar anak foto kegiatan bermain peran. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kemampuan berkomunikasi anak kelas B TK Pertiwi Gedaren tahun pelajaran 2011/2012 sebelum dilaksanakn Penelitian Tindakan Kelas yaitu anak yang dapat berkomunikasi dengan lancar sebesar 44,75%. Setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu dengan menggunakan metode bermain peran pada proses pembelajaran kemampuan berkomunikasi anak diperoleh hasil yaitu siklus I menjadi 60,25%, siklus II meningkat menjadi 72,25% dan Siklus ke III meningka menjadi 80,13%. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator pencapaian. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan ”Diduga dengan menggunakan metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak kelas B TK Pertiwi Gedaren tahun pelajaran 2011/2012” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : metode bermain peran, kemampuan berkomunikasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 18 Apr 2012 10:45
Last Modified: 18 Apr 2012 10:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18050

Actions (login required)

View Item View Item