UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK MELALUI PERMAINAN JARI TANGAN DI TK ABA GADUNGAN KECAMATAN WEDI TAHUN 2011 / 2012

Sunami, Sunami (2012) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK MELALUI PERMAINAN JARI TANGAN DI TK ABA GADUNGAN KECAMATAN WEDI TAHUN 2011 / 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (151kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
PDF (Daf pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan berhitung dari angka 1-10 anak Kelompok B2 TK ABA Gadungan Kecamatan Wedi perlu ditingkatkan, oleh karena itu pembelajaran harus menarik, aman, nyaman dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemmapuan berhitung anak dengan permainan jari tangan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah anak kelompok B2 TK ABA Gadungan Kecamatan Wedi Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 17 anak. Teknik analisis data yang digunakan adalah : diskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Data berupa hasil tes diklasifikasikan sebagai data kuantitatif. Data tersebut dianalisis secara diskriptif yakni dengan membandingkan nilai tes antar siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan anak awal berhitung ada 4 anak dari 17 anak. Pada siklus pertama meningkat menjadi 7 anak pada siklus kedua menjadi 11 anak dan pada siklus ketiga menjadi 14 anak, artinya secara klasikal telah meningkat kemmapuan berhitung anak mencapai 80%. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa permainan jari tangan dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak Kelompok B2 TK ABA Gadungan Kecamatan Wedi Tahun Pelajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kemampuan berhitung, permainan jari tangan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 16 Apr 2012 10:25
Last Modified: 16 Apr 2012 10:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17970

Actions (login required)

View Item View Item