Peningkatan Keterampilan Matematika Melalui Metode Bermain Kartu Bilangan (Penelitian Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Beteng Kelompok B Tahun 2011/2012)

Rahmawati, Fadlilah Novy (2012) Peningkatan Keterampilan Matematika Melalui Metode Bermain Kartu Bilangan (Penelitian Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Beteng Kelompok B Tahun 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I_.pdf

Download (47kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan Matematika melalui penggunaan metode bermain kartu bilangan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tempat penelitian ini adalah di kelas B TK ABA Beteng Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2011/2012. Waktu penelitian adalah 3 bulan yaitu mulai Desember 2011 sampai dengan Februari 2012. Subyek penelitian ini siswa kelas B yang berjumlah 14 anak. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengamatan atau observasi untuk mengetahui peningkatan keterampilan matematika. Teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif. Dari pembelajaran yang telah dilaksanakan dalam dua siklus dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan permainan kartu bilangan dapat berjalan dengan baik. Setelah diterapkan metode bermain kartu bilangan terjadi peningkatan keterampilan matematika secara signifikan. Hal ini dapat dilihat pada persentase hasil belajar yang mengalami peningkatan dari sebelum tindakan sebesar 25% (4 anak) menjadi 50% (7 anak) dan pada siklus kedua meningkat menjadi 80% (10 anak). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan ini, hipotesis yang menyatakan “diduga melalu metode bermain kartu bilangan dapat meningkatkan keterampilan matematika anak kelompok B TK ABA Beteng Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2011/2012” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keterampilan matematika, kartu bilangan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 12 Apr 2012 06:45
Last Modified: 12 Apr 2012 06:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17868

Actions (login required)

View Item View Item