Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (Gi) Dengan Media Charta Untuk Peningkatan Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Organisasi Kehidupan Pada Siswa Kelas VII A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012

Fitriyana, KHOIRU (2012) Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (Gi) Dengan Media Charta Untuk Peningkatan Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Organisasi Kehidupan Pada Siswa Kelas VII A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal depan)
02.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (246kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
03._BAB_I.pdf

Download (72kB)
[img] PDF (Bab 2)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (Bab 3)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] PDF (Bab 4)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] PDF (Bab 5)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img]
Preview
PDF (Daf pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Biologi siswa pada materi sistem organisasi kehidupan dengan penerapan model pembelajaran Group Investigation dengan menggunakan media Charta pada siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan analisis data kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil belajar (aspek kognitif) mata pelajaran Biologi, pengamatan sikap siswa selama proses pembelajaran Biologi berlangsung (aspek afektif), dan sikap keterampilan siswa (aspek psikomotorik) antara peneliti dengan kolaborator. Penelitian ini diawali dengan mengeksplor kemampuan siswa dengan menerapkan model Group Investigation dengan menggunakan media Charta dilanjutkan dengan diskusi dan diakhiri dengan kesimpulan, post test, dan pre test pada setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I ranah kognitif = 66,08% dengan ketuntasan 65,19%; ranah afektif = 65,20%. dan ranah psikomotorik = 49,23%. Rata-rata hasil belajar pada siklus II ranah kognitif = 87,39% dengan ketuntasan 95,62%, ranah afektif= 91,29% dan ranah psikomotorik = 95,66%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Group Investigation dengan menggunakan media Charta dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A420/2012-32
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Penerapan Model Group Investigation, Media Charta.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 11 Apr 2012 10:59
Last Modified: 21 Jun 2012 10:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17846

Actions (login required)

View Item View Item