EFEKTIFITAS PENGGUNAAN STRATEGI KONSTEKTUAL DALAM UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL (PTK di Kelas VII SMP Negeri 2 Geyer)

WIGASARI, DIAH AYU (2012) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN STRATEGI KONSTEKTUAL DALAM UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL (PTK di Kelas VII SMP Negeri 2 Geyer). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (136kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V,.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (Daf pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (958kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan efektifitas penggunaan strategi konstektual dalam upaya peningkatan motivasi belajar matematika. Pendekatan penelitian adalah penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Geyer, yang berjumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator banyaknya siswa yang antusias dalam: a) persiapan dalam mengikuti pembelajaran, sebelum tindakan 33,33%, putaran I 56,66%, dan putaran II 76,66%, b) belajar kelompok sebelum tindakan 26,66%, putaran I 50%, dan putaran II 73,33% , c) menanggapi atau mengajukan pertanyaan, sebelum tindakan 6,66%, putaran I 10%, dan putaran II 23,33%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi kontekstual dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: motivasi belajar. strategi kontekstual.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 11 Apr 2012 10:01
Last Modified: 11 Apr 2012 12:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17823

Actions (login required)

View Item View Item