Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa lisan Melalui Metode Bermain Peran Makro pada Anak Kelompak B di TK Pertiwi Sumberrejo Kecamatan Mondokan Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2010-2011

Hidayah, Nur (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa lisan Melalui Metode Bermain Peran Makro pada Anak Kelompak B di TK Pertiwi Sumberrejo Kecamatan Mondokan Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2010-2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (373kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (191kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan bahasa lisan anak dengan menerapkan metode bermain peran. Kemampuan bahasa lisan pada anak perlu ditingkatkan karena mempunyai peran penting dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam berhubungan dengan orang lain, oleh karena itu perlu diterapkan suatu metode pembelajaran yang tepat, menarik, dan menyenangkan. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan bahasa lisan anak adalah dengan menerapkan metode bermain peran. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B di TK Pertiwi Sumberejo Kecamatan Mondokan Kabupaten Sragen tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Data yang digunakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan anak maupun untuk mengetahui proses pembelajaran bermain peran dikumpulkan melalui observasi, dan catatan lapangan. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis dengan tehnik komparasi/perbandingan, yaitu membandingkan antara hasil yang dicapai oleh anak dengan indikator kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan bahasa lisan anak dengan menerapkan metode bermain peran, yakni sebelum tindakan 47.13%, siklus I mencapai 60.5%, siklus II mencapai 71.38%, dan siklus III mencapai 81.25%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan bahasa lisan anak. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis yang diajukan telah teruji kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Bermain Peran, Kemampuan Bahasa Lisan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 09 Apr 2012 06:36
Last Modified: 09 Apr 2012 09:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17756

Actions (login required)

View Item View Item