Penerapan Strategi Crossword Puzzle dengan Penggunaan Media Power Point untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X5 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012

NURAINI, NITA (2012) Penerapan Strategi Crossword Puzzle dengan Penggunaan Media Power Point untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X5 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (259kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (144kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (166kB)
[img] PDF (Lampiran )
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi crossword puzzle dengan penggunaan media power point dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar biologi siswa kelas X5 SMA Muhammadiyah I Surakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II. Obyek penelitian ini adalah siswa kelas X5 SMA Muhammadiyah I Surakarta yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan tes yang diperoleh dari setiap akhir tindakan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. pada aspek kognitif, sebelum dilaksanakan tindakan diperoleh rata-rata ketuntasan siswa sebesar 68,42% dan setelah dilaksanakan tindakan rata-rata ketuntasan meningkat menjadi sebesar 76,32% pada siklus I dan 94,74% pada siklus II. Keaktifan siswa dalam beberapa indikator pada aspek afektif juga meningkat dari siklus I sampai II. Sedangkan pada aspek afektif, sebelum dilakukan tindakan memiliki rata-rata sebesar 27,74% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 50,44% pada siklus I dan 55,70% pada siklus II. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan strategi crossword puzzle dengan penggunaan media power point dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar biologi siswa kelas X5 SMA Muhammadiyah I Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi crossword puzzle, media power point, keaktifan, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 07 Apr 2012 06:58
Last Modified: 07 Apr 2012 06:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17751

Actions (login required)

View Item View Item