upaya peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode cooperative learning tipe time token tentang lingkaran (PTK Pembelajaran matematika di kelas VIII SMP Al Islam 1 Surakarta)

KUSUMANINGTYAS, YEKTI PUTRI (2012) upaya peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode cooperative learning tipe time token tentang lingkaran (PTK Pembelajaran matematika di kelas VIII SMP Al Islam 1 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Cover-Abstrak.pdf

Download (105kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.PDF

Download (33kB)
[img]
Preview
PDF (Bab II)
04._BAB_II.PDF

Download (93kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.PDF

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (787kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode Cooperative Learning tipe Time Token. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas VIII G SMP Al Islam 1 Surakarta sebagai pemberi tindakan, serta siswa kelas VIII G yang berjumlah 40 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, catatan lapangan, metode tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data analisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Beberapa hal yang dapat disimpulkan dari penelitian tindakan kelas ini antara lain : 1) Adanya peningkatan siswa dalam mempersiapkan buku pelajaran sebelum pelajaran dimulai, meningkat dari 27,50% menjadi 77,50%. 2) Adanya peningkatan siswa dalam mengemukakan ide atau gagasan, meningkat dari 5,00% menjadi 42,50%. 3) Adanya peningkatan siswa mengajukan dan menjawab pertanyaan, meningkat dari 7,50% menjadi 52,50%. 4) Adanya peningkatan siswa mencatat dan membuat rangkuman, meningkat dari 22,50% menjadi 65,00%. 5) Adanya peningkatan siswa mengerjakan PR dengan baik, meningkat dari 27,50% menjadi 82,50%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode Cooperative Learning tipe Time Token dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat, Pembelajaran Matematika, Cooperative Learning Time Token
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 29 Mar 2012 11:15
Last Modified: 29 Mar 2012 11:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17610

Actions (login required)

View Item View Item