Kontribusi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Koperasi Jasa Keuangan Syariah "Wanita Mandiri" Kabupaten Boyolali

MARSETYANINGRUM, DEVIANTI (2012) Kontribusi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Koperasi Jasa Keuangan Syariah "Wanita Mandiri" Kabupaten Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
DEVIANTI-HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (139kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
DEVIANTI-1.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab 2)
DEVIANTI-2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab 3)
DEVIANTI-3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab 4)
DEVIANTI-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] PDF (Bab 5)
DEVIANTI-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DEVIANTI-DAFPUS.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
DEVIANTI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Koperasi Jasa Keuangan Syariah “Wanita Mandiri” Kabupaten Boyolali. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di KJKS “Wanita Mandiri” Kabupaten Boyolali. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan KJKS “Wanita Mandiri” Kabupaten Boyolali dengan jumlah ± 200 pelanggan. Sampel diambil sebanyak 127 orang pelanggan dengan teknik insidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana, uji F, uji keberatian, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Berdasar hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier sederhana sebagai berikut Y = 10,076 + 0,176X, artinya kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh kualitas pelayanan. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini terbukti dari hasil uji normalitas yang memperoleh nilai probabilitas diatas taraf signifikansi 5% (0,05) yaitu kualitas pelayanan (X) sebesar 0,139 dan kepuasan pelanggan (Y) sebesar 0,056, maka dapat dikatakan kualitas pelayanan (X) dan kepuasan pelanggan (Y) berdistribusi normal. (2) Kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini terbukti dari hasil uji linearitas yang memperoleh nilai Fhitung = 0,925 < Ftabel = 1,807 dan probabilitas diatas taraf signifikansi 5% (0,05) yaitu = 0,524 > 0,05, maka dapat disimpulkan kualitas pelayanan (X) dengan kepuasan pelanggan (Y) mempunyai hubungan yang linear. (3) Kualitas pelayanan berpengaruh positif secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh nilai Fhitung = 7,385 > Ftabel = 3,917 dan probabilitas = 0,008 < 0,05. (4) Hasil perhitungan sumbangan efektif menunjukkan bahwa kontribusi kualitas pelayanan (X) terhadap kepuasan pelanggan (Y) adalah sebesar 5,6%. Sehingga kualitas pelayanan (X) menyumbang sebesar 5,6% dalam meningkatkan kepuasan pelanggan (Y). Kata kunci: Kontribusi kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 28 Mar 2012 11:31
Last Modified: 28 Mar 2012 11:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17576

Actions (login required)

View Item View Item