Pengaruh Metode Open ended (OE) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 3 Ceper Klaten

Hasanah, Nafidatun (2012) Pengaruh Metode Open ended (OE) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 3 Ceper Klaten. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
abstrak_baru_baru.pdf

Download (134kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh antara metode Open-Ended dan Konvensional terhadap prestasi belajar, (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa, (3) interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Ceper Klaten sebanyak 4 kelas paralel. Sampel penelitian ini diambil siswa dua kelas yaitu kelas eksperimen yakni kelas VIIIB dan kelas kontrol yakni kelas VIIIC menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket untuk variabel motivasi belajar dan metode tes untuk variabel prestasi belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis varian 2 jalan dengan frekuensi sel tak sama, uji lanjut yang digunakan adalah metode Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Prestasi belajar siswa yang dikenai metode pembelajaran Open-Ended lebih baik dari pada prestasi belajar siswa yang dikenai metode Konvensional, dengan harga statistik uji Fa > Ftabel, yaitu 6,907 > 3,978 dan rata-rata nilai prestasi belajar dari siswa yang dikenai metode Open-Ended lebih besar dari metode Konvensional, yaitu 60,92 > 58,816. (2) Ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa, dengan harga statistik uji Fb > Ftabel, yaitu 9,64 > 3,128. (3) Tidak ada efek interaksi antara metode Open-Ended dan Konvensional ditinjau dari motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar, dengan harga statistik uji Fab < Ftabel, yaitu 2,842 < 3,128.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Open-Ended, Konvensional, motivasi belajar dan prestasi belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Mar 2012 05:42
Last Modified: 28 Mar 2012 05:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17551

Actions (login required)

View Item View Item