Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Koperasi Melalui Strategi Question Flaq Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Nglegok Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012

Suyamto, Suyamto (2012) Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Koperasi Melalui Strategi Question Flaq Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Nglegok Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_depan.pdf

Download (63kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah Strategi pembelajaran Question Flag dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Koperasi pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Nglegok Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS materi Koperasi dengan penggunaan Strategi Question Flag pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Nglegok Kabupaten Karanganyar tahun ajaran 2011/2012. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 01 Nglegok Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 22 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, tes. Hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan menunjukkan bahwa nilai rerata awal siswa 61,36 ketuntasan secara klasikal mencapai 22,73 %. Siklus I diketahui nilai rerata 71,36 ketuntasan secara klasikal mencapai 59,09 %. Siklus II diketahui nilai rerata 75,68 ketuntasan secara klasikal mencapai 100 %. Dari hasil penelitian ini membuktikan bahwa Strategi Question Flag dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Nglegok Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karangnyar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar siswa, strategi question flag.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Mar 2012 07:15
Last Modified: 27 Mar 2012 07:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17535

Actions (login required)

View Item View Item