Peningkatan Kreativitas Dalam Karya Seni Rupa Pokok Bahasan Motif Hias Nusantara Melalui Multimedia Pembelajaran Siswa Kelas V B Semester Ii Di SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012

Diastuti, Ita Oktiana (2012) Peningkatan Kreativitas Dalam Karya Seni Rupa Pokok Bahasan Motif Hias Nusantara Melalui Multimedia Pembelajaran Siswa Kelas V B Semester Ii Di SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (112kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I_.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB__II_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (78kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Kreativitas Karya Seni Rupa siswa kelas VB SD melalui penerapan multimedia pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menjamin keabsahan data digunakan triangulasi teknik dengan cara mengecek data kepada sumber yang sama dengan teknik yang berbeda. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan analisis metode alur yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan kreativitas siswa dalam pembelajaran Seni Budaya dan Ketrampilan, hal ini dapat dilihat nilai siswa yang di atas KKM sama dengan 70 sebelum tindakan 45,45% meningkat pada siklus I menjadi 66,67% dan 84,37% pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui penerapan multimedia pembelajaran dapat meningkatkan kreativitas karya seni rupa mata pelajaran seni budaya dan ketrampilan siswa kelas VB SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta tahun pelajaran 2011/ 2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kreativitas, pembelajaran seni budaya dan ketrampilan, multimedia pembelajaran.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Mar 2012 08:04
Last Modified: 26 Mar 2012 08:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17504

Actions (login required)

View Item View Item