Peningkatan Hasil IPA Melalui Pendekatan Pembelajaran SAVI (Somatis Auditori Visual Intelektual) Pada Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012

Wati, Maria Gustika (2011) Peningkatan Hasil IPA Melalui Pendekatan Pembelajaran SAVI (Somatis Auditori Visual Intelektual) Pada Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (78kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._Bab_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
04._Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab III)
05._Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran )
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan pembelajaran SAVI pada siswa kelas V SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta semester genap tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data digunakan melalui metode tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah ada peningkatan hasil belajar IPA yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator hasil belajar IPA meliputi: 1) keaktifan siswa mengerjakan soal sebelum tindakan 56,3 %, siklus I 100 %, siklus II 100 %, 2) mengemukakan ide dan pendapat sebelum tindakan 15,6 %, siklus I 25 %, siklus II 78,1 % 3) keaktifan bertanya siswa sebelum tindakan 3,1 %, siklus I 31,3 %, siklus II 81,25 % 4) daya serap hasil belajar sebelum tindakan 28,1 %, siklus I 50 %, siklus II 100 %. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa melalui pendekatan pembelajaran SAVI dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada pokok bahasan sifat-sifat magnet dan cara pembuatan magnet pada siswa kelas V semester genap SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A510/2012-11
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, pendekatan pembelajaran SAVI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 26 Mar 2012 04:45
Last Modified: 25 Jun 2012 10:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17492

Actions (login required)

View Item View Item