Pengarug Minat Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMP NEGERI II CAWAS KLATEN TAHUN AJARAN 2011/2012

NARDIANSYAH, NARDIANSYAH (2012) Pengarug Minat Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMP NEGERI II CAWAS KLATEN TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1.Pra_Halaman.pdf

Download (70kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
bab_1.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar siswa mata ekonomi SMP Negeri II Cawas;2) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa mata ekonomi SMP Negeri II Cawas;3) Untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa mata ekonomi SMP Negeri II Cawas. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri II Cawas. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri II Cawas sejumlah 140 siswa. Sampel diambil sebanyak adalah 100 orang siswa dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 33,384 + 0,566X1 + 0,646X2. Persamaan tersebut menunjukkan bahwa koefisien regresi dari masing-masing variabel independen bernilai positif, artinya variabel Minat Belajar dan Lingkungan Belajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar siswa.Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan Minat belajar terhadap prestasi belajar siswa mata ekonomi SMP Negeri II Cawas tahun ajaran 2011/2012 dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 4,541 > 1,985 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan relatif sebesar 69,8 % dan sumbangan efektif 22,1%; 2) Ada pengaruh yang signifikan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa mata ekonomi SMP Negeri II Cawas tahun ajaran 2011/2012 dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 5,085 > 1,985 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan relatif sebesar 30,2 % dan sumbangan efektif 9,6%; 3) Ada pengaruh yang signifikan minat belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa mata ekonomi SMP Negeri II Cawas tahun ajaran 2011/2012 dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 35,293 > 3,056 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,383 menunjukkan bahwa pengaruh yang diberikan oleh kombinasi variabel Minat Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar siswa adalah sebesar 31,7% sedangkan 68,3% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Lingkungan Belajar, Prestasi Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 22 Mar 2012 10:16
Last Modified: 22 Mar 2012 10:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17472

Actions (login required)

View Item View Item