Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Strategi Directed Reading Activity (DRA) Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Paseh Kecamatan Banjarmangu Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2011/2012

Aji, Dwi Yuli (2012) Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Strategi Directed Reading Activity (DRA) Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Paseh Kecamatan Banjarmangu Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammaadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
02._HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (110kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.I)
03._BAB_I.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab.II)
04.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab.III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab.IV)
06._bab_iv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Bab.V)
07.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (638kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan strategi Directed Reading Activity (DRA) pada siswa kelas V SD Negeri 1 Paseh, Kecamatan Banjarmangu, Kabupaten Banjarnegara. Variabel terikat dalam penelitian tindakan kelas ini adalah keterampilan membaca pemahaman, sedangkan variabel bebas dalam penelitian tindakan kelas ini adalah strategi Directed Reading Activity (DRA). Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 1 Paseh yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data digunakan teknik observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data interaktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia melalui strategi DRA dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 1 Paseh. Hal ini terbukti pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan nilai rata-rata siswa 54,28 dengan persentase ketuntasan sebesar 42,85%, siklus I nilai rata-rata kelas 61,90 dengan persentase ketuntasan sebesar 71,42%, siklus II nilai rata-rata kelas 78.09 dengan presentase ketuntasan sebesar 80,95%. Selain itu, kegiatan guru dan siswa yang diamati pada lembar observasi juga mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilaksanakan dinyatakan penelitian ini telah berhasil dengan baik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A510/2012-36
Uncontrolled Keywords: Keterampilan membaca pemahaman, strategi DRA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 20 Mar 2012 10:21
Last Modified: 25 Jun 2012 10:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17421

Actions (login required)

View Item View Item