Implementasi Strategi Pembelajaran Nht (Numbered Head Together) Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Pokok Bahasan Lingkaran Ditinjau Dari Keaktifan Siswa (Eksperimen Model Pembelajaran Matematika Di Kelas Viii Smp Muhammadiyah 7 Colomadu)

FATMAWATI , WIDIA (2012) Implementasi Strategi Pembelajaran Nht (Numbered Head Together) Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Pokok Bahasan Lingkaran Ditinjau Dari Keaktifan Siswa (Eksperimen Model Pembelajaran Matematika Di Kelas Viii Smp Muhammadiyah 7 Colomadu). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (231kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) pengaruh strategi pembelajaran NHT (Numbered Head Together) dengan pendekatan kontekstual terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh keaktifan siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan keaktifan siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Muhammadiyah 7 Colomadu. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 70 siswa, yang terdiri dari 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan 36 siswa sebagai kelas kontrol. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, metode tes, dan metode dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis dengan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlett untuk uji homogenitas. Sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji Scheffe. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% disimpulkan bahwa: (1) Ada pengaruh strategi pembelajaran NHT (Numbered Head Together) dengan pendekatan kontekstual terhadap prestasi belajar matematika, dengan nilai FA = 16.382223, (2) Ada pengaruh keaktifan siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan nilai FB = 4.31061438, (3) tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran dan keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai FAB = 0.00369102

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi - Pembelajaran, Keaktifan - Belajar, Prestasi - Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2012 11:35
Last Modified: 19 Mar 2012 11:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17403

Actions (login required)

View Item View Item