Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia Dini di TK Bina Putra Sanggrahan Tahun Ajaran 2010/2011

Damayanti, Devy Widya (2011) Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia Dini di TK Bina Putra Sanggrahan Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (78kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penerimaan kosa kata bahasa Inggris anak melalui metode lagu (song). Kosa kata bahasa Inggris pada anak usia dini perlu ditingkatkan dalam rangka mempersiapkan anak menempuh jenjang pendidikan selanjutnya, selain itu mempersiapkan anak agar mampu menghadapi era globalisasi dalam hal kemampuan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Oleh karena itu, perlu diterapkan suatu metode pembelajaran yang tepat, menarik, dan menyenangkan. Salah satu cara dalam meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Inggris anak usia dini adalah dengan menerapkan metode lagu (song). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B di TK Bina Putra Sanggrahan tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Data yang digunakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan anak maupun untuk mengetahui proses pembelajaran melalui metode lagu dikumpulkan melalui observasi. Keabsahan data diperiksa melalui triangulasi, yaitu memanfaatkan sesuatu yang lain di luar data itu untuk keperluan pengecekan atau pembanding di dalam data tersebut. Data dianalisis melalui angket sejawat yang diisi oleh guru kelas untuk mengetahui perkembangan peningkatan penguasaan kosa kata bahasa Inggris mulai dari siklus I sampai dengan siklus III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan penguasaan kosa kata bahasa Inggris, yaitu sebelum tindakan 46%, siklus I pertemuan pertama 55%, pertemuan kedua 100%. Siklus II pertemuan pertama 95%, dan pertemuan kedua 95%. Siklus III pertemuan pertama 86%, pertemuan kedua 100%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode lagu (song) dapat meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Inggris anak. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis yang diajukan telah teruji kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode lagu (song), penguasaan kosa kata bahasa Inggris
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 19 Mar 2012 10:41
Last Modified: 26 Nov 2019 03:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17395

Actions (login required)

View Item View Item