Penerapan Permainan Tebak Kata Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas Iv Sdn 02 Kaliwuluh Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/ 2012

ERVIYANTO , AGUS (2012) Penerapan Permainan Tebak Kata Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas Iv Sdn 02 Kaliwuluh Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (140kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (58kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Rumusan masalah yaitu: (1) Apakah dengan menerapkan permainan tebak kata dapat meningkatkan keaktifan belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 02 Kaliwuluh?, (2) Apakah dengan menerapkan permainan tebak kata dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 02 Kaliwuluh?. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) untuk mengetahui adanya peningkatan keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran IPA pada siswa kelas IV SDN 02 Kaliwuluh melalui permainan tebak kata, (2) untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar dalam mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDN 02 Kaliwuluh melalui permainan tebak kata.Subjek penelitiannya adalah Siswa dan Guru sedangkan Objek penelitiannya adalah pelajaran IPA dan Permainan Tebak Kata. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan pendekatan proses dengan metode observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam mengadakan evaluasi penelitian berupa lembar pengamatan siswa dan guru, tes, kartu tebak kata, serta daftar nilai kelas IV SDN 02 Kaliwuluh. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis komparatif. Hasil penelitian ini diperoleh data awal nilai siswa mencapai ketuntasan minimal 65 adalah 45.16%, pada siklus I terdapat peningkatan menjadi 29.16%, keaktifan belajar siswa mencapai 48.33%. Pada siklus II hasil belajar menjadi 83.33% dan tingkat keaktifan belajar sebesar 51.66%. Pada siklus III hasil belajar siswa mencapai 91.66% dan keaktifan belajar meningkat menjadi 87.50%. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) penggunaan permainan tebak kata dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa, (2) permainan tebak kata dapat meningkatkan hasil siswa kelas IV SDN 02 Kaliwuluh Tahun Pelajaran 2011/ 2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar siswa, permainan tebak kata.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2012 10:06
Last Modified: 19 Mar 2012 10:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17382

Actions (login required)

View Item View Item