Peningkatan Kemampuan Vocabulary Melalui Penggunaan Kamus Unik pada Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Kedungjeruk Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012

RIVAI, RIVAI (2012) Peningkatan Kemampuan Vocabulary Melalui Penggunaan Kamus Unik pada Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Kedungjeruk Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_depan.pdf

Download (136kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (131kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (786kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan kamus unik dalam peningkatkan kemampuan vocabulary pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Kedungjeruk Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012; untuk menjelaskan proses implementasi penggunaan kamus unik dalam peningkatkan kemampuan vocabulary pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Kedungjeruk Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 02 Kedungjeruk. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Validitas data di ukur dengan trianggulasi metode, dan trianggulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis kritis dan analisis komparatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, data awal nilai siswa yang mencapai ketuntasan minimal 64 adalah 61,76%, pada siklus I nilai hasil belajar meningkat menjadi 82,35%, pengelolaan proses pembelajaran guru adalah 7 (cukup) dan keaktifan siswa 6,57 (cukup). Pada siklus II nilai hasil belajar mencapai indikator pencapaian yaitu 85 % siswa mencapai nilai di atas nilai KKM, nilai hasil belajar mencapai 91,15%, pengelolaan proses pembelajaran guru menjadi 8,5 (baik) dan keaktifan siswa menjadi 8,28 (baik). Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan kamus unik dapat meningkatkan kemampuan vocabulary pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Kedungjeruk Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012; 2) dapat diketahui bagaimana proses implementasi penggunaan kamus unik dalam peningkatkan kemampuan vocabulary pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Kedungjeruk Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A510/2012-24
Uncontrolled Keywords: kamus unik, vocabulary
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Mar 2012 09:47
Last Modified: 25 Jun 2012 10:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17379

Actions (login required)

View Item View Item