Peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui belajar tuntas (mastery learning) berbasis tutor sebaya pada pokok bahasan aritmatika sosial ( ptk siswa kelas viib semester gasal smp negeri 1 wonosari tahun ajaran 2011/2012)

NURWAHYUNI, ASTUTI (2012) Peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui belajar tuntas (mastery learning) berbasis tutor sebaya pada pokok bahasan aritmatika sosial ( ptk siswa kelas viib semester gasal smp negeri 1 wonosari tahun ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (74kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
3._BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab 2)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab 3)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] PDF (Bab 4)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] PDF (Bab 5)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Dapus)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)

Abstract

ABSTRAK PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI BELAJAR TUNTAS (MASTERY LEARNING) BERBASIS TUTOR SEBAYA PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL ( PTK Siswa Kelas VIIB Semester Gasal SMP Negeri 1 Wonosari Tahun Ajaran 2011/2012) Astuti Nurwahyuni, A410080266, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2012, 51 Halaman Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa pada pokok bahasan aritmatika sosial setelah dilakukan pembelajaran melalui pendekatan belajar tuntas (mastery learning) berbasis tutor sebaya. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 1 Wonosari, Klaten yang berjumlah 32 siswa dan subyek pelaksana tindakan adalah peneliti. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan metode alur yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa pada pokok bahasan aritmatika sosial. Hal ini dapat dilihat dari 1) keaktifan siswa dalam menanyakan hal-hal yang belum jelas atau kurang paham sebelum tindakan 6,25% dan setelah tindakan 43,25%, 2) keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan dari guru sebelum tindakan 9,38% dan setelah tindakan 56,25%, 3) keaktifan siswa dalam mengerjakan soal-soal latihan sebelum tindakan 31,25% dan setelah tindakan 93,75%, serta 4) keaktifan siswa dalam mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 9,38% dan setelah tindakan 53,13%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan belajar tuntas (mastery learning) berbasis tutor sebaya dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika bagi siswa kelas VII pada pokok bahasan aritmatika sosial.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan siswa, belajar tuntas, tutor sebaya
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 16 Mar 2012 10:49
Last Modified: 16 Mar 2012 10:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17325

Actions (login required)

View Item View Item