Analisis Pengaruh Media Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Nokia (Studi Pada Mahasiswa FE UMS Surakarta).

Saputro, Ari Dian (2011) Analisis Pengaruh Media Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Nokia (Studi Pada Mahasiswa FE UMS Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (731kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)

Abstract

Persaingan diantara perusahaan-perusahaan telekomunikasi di Indonesia semakin ketat seiring dengan banyaknya merek-merek Handphone yang bermunculan di pasar dalam negeri. Salah satu merek Handphone yang sudah dikenal sejak lama oleh masyarakat dan konsumen Handphone di Indonesia adalah Handphone merek Nokia. Dalam usaha untuk mendorong konsumen untuk melakukan pembelian, suatu perusahaan dalam hal ini perusahaan telekomunikasi, lazim menggunakan berbagai strategi promosi salah satunya adalah melalui media iklan, media iklan merupakan sarana yang dirasa efektif untuk menarik konsumen untuk melakukan pembelian, hal itu karena melalui media televisi para pengiklan dapat lebih berkreasi melalui berbagai macam iklan seperti televisi, majalah dan sebagainya untuk membuat iklan yang kratif dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan Handphone merek Nokia baik secara bersamasama maupun secara parsial terhadap keputusan pembelian dan untuk mengetahui media iklan yang paling dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian Handphone merek nokia. Dalam melakukan penelitian tersebut, diambil 100 responden sebagai sampel dari populasi 2500 responden yng terdiri dari mahasiswa FE UMS. Metode pengambilan sampel dengan kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini adalah quota sampling, dimana sampel dipilih berdasarkan ciri-ciri tertentu dengan jumlah atau kuota yang diinginkan. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh antara variabel media iklan terhadap keputusan membeli konsumen maka digunakan analisis regresi linier berganda, uji-F dan uji t digunakan untuk mengetahui signifikan tidaknya hubungan antara variabel-variabel media iklan terhadap keputusan membeli konsumen baik secara serentak maupun parsial. Berdasarkan analisis dengan analisis regresi liner berganda diperoleh pengaruh yang positif variabel-variabel media iklan terhadap variabel keputusan membeli konsumen baik secara bersama-sama maupun secara parsial. Dari uji-F diperoleh hubungan yang signifikan antara variabel-variabel media iklan terhadap variabel keputusan membeli konsumen, sedangkan uji-T menunjukkan variabel televisi, surat kabar, dan spanduk berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli konsumen sedangkan majalah, reklame tidak punya pengaruh signifikan terhadap keputusan membeli konsumen.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media iklan, iklan televisi, iklan surat kabar, iklan majalah, iklan reklame, iklan spanduk dan keputusan pembelian.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 12 Mar 2012 05:25
Last Modified: 12 Mar 2012 05:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17301

Actions (login required)

View Item View Item