Penerapan Media Gambar Elektronik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V SD Negeri 03 Bejen Kecamatan Karanganyar

TRI ARDIYOKO, WAHYU (2012) Penerapan Media Gambar Elektronik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V SD Negeri 03 Bejen Kecamatan Karanganyar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Pernyataan)
SURAT_PERNYATAAN_PUBLIKASI_KARYA_ILMIAH.pdf

Download (48kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (113kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (49kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (101kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia materi Cerita Rakyat melalui media gambar elektronik pada siswa kelas V SD Negeri 03 Bejen Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar tahun 2011/ 2012. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas, dengan jumlah 39 siswa ( 23 putra dan 16 putri ). Sumber data yang digunakan yaitu: sumber data pokok ( primer ) yaitu siswa, guru dan Kepala Sekolah. Sumber data sekunder meliputi arsip / dokumen hasil pengamatan, tes hasil belajar, dan foto. Teknik pengumpulan data dengan pengamatan (observasi), wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang dikumpulkan untuk dianalisis dalam penelitian tindakan kelas ini adalah data hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia. Hal ini dapat terlihat pada siklus I, siswa yang tuntas belajar sebanyak 31 siswa, dengan persentase ketuntasan belajar 79,49 %. Pada siklus II menunjukkan peningkatan yang signifikan terlihat pada siswa yang tuntas belajar sebanyak 36 siswa, dengan persentase ketuntasan belajar 92,31%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui media gambar elektronik dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia materi cerita rakyat pada siswa kelas V SD Negeri 03 Bejen Kec. Karanganyar Kab. Karanganyar tahun pelajaran 2011/ 2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Gambar Elektronik, Hasil Belajar Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 05 Mar 2012 11:22
Last Modified: 05 Mar 2012 11:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17209

Actions (login required)

View Item View Item