Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematik Pada Anak Dengan menggunakan Permainan Sains Sederhana Pada Anak Kelompok A Di Tk Desa Demakan 01 Mojolaban Tahun Pelajaran 2011/2012

SARI, , JULAIKA (2012) Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematik Pada Anak Dengan menggunakan Permainan Sains Sederhana Pada Anak Kelompok A Di Tk Desa Demakan 01 Mojolaban Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (65kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kecerdasan logika matematika anak melalui permainan sains sederhana. Kecerdasan logika matematika perlu ditingkatkan karena mempunyai peranan penting dalam kehidupan sehari-hari terutama untuk berfikir, menalar serta mampu bertindak baik dan tepat untuk memecahkan masalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah kelompok A TK Desa Demakan 01 Mojolaban Sukoharjo tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Data tentang penerapan metode permainan sains sederhana dikumpulkan melalui observasi dan catatan lapangan. Sedangkan data mengenai kecerdasan logika matematika anak dikumpulkan melalui observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosentase rata-rata hasil kecerdasan logika matematika anak dalam satu kelas sebelum tindakan adalah 42,72%, Siklus I mencapai 60,42%, Siklus mencapai 72,85% dan Siklus III mencapai 87,45%. %. Kesimpulan dari penelitian adalah metode permainan sains sederhana dapat meningkatkan kecerdasan logika matematika anak TK Desa Demakan I Mojolaban Sukoharjo tahun ajaran 2011/2012

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Metode Permainan Sains Sederhana, Kecerdasan Logika Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2012 10:58
Last Modified: 05 Mar 2012 10:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17203

Actions (login required)

View Item View Item