Peningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menulis Deskripsi Dengan Penggunaan Vedia Video Pada Siswa kelas IV SD Negeri 1 Tempursari Sambi Boyolali Tahun Ajaran 2001/2012

Yanto, Joko Dwi (2011) Peningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menulis Deskripsi Dengan Penggunaan Vedia Video Pada Siswa kelas IV SD Negeri 1 Tempursari Sambi Boyolali Tahun Ajaran 2001/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (557kB)
[img] PDF (Bab.I)
BAB_I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (Bab.II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] PDF (Bab.III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] PDF (Bab.IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.V)
BAB_V.pdf

Download (94kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis deskripsi dengan penggunaan media video pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Tempursari Sambi Boyolali. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus dan tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV di SD Negeri 1 Tempursari Sambi Boyolali yang berjumlah 24 siswa, siswa laki-laki berjumlah 8 dan siswa perempuan berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan menulis deskripsi dengan penggunaan media video. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya kemampuan siswa dari sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Pada prasiklus dari 24 siswa yang tuntas mencapai KKM > 63 sebesar 37,5%, sedangkan yang belum tuntas sebesar 62,5%. Pada siklus 1 dari 24 siswa yang tuntas KKM > 63 adalah 70,8%, sedangkan yang belum tuntas sebesar 29,2%. Pada siklus dua mengalami peningkatan dari 24 siswa yang tuntas KKM > sebesar 87,5%, sedangkan yang belum tuntas hanya sebesar 12,5%. Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan media video dapat meningkatkan kemampuan menulis deskripsi siswa kelas IV Semester II Sekolah Dasar Negeri 1 Tempursari Tahun Ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan menulis diskripsi, media video
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 02 Mar 2012 09:00
Last Modified: 02 Mar 2012 09:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17150

Actions (login required)

View Item View Item