Peningkatan minat belajar menulis pada tema keluarga dalam mata pelajaran bahasa Indonesia melalui permainan huruf punggung berantai pada siswa kelas I SDN 01 Tegalgede tahun pelajaran 2011/2012

Ngatimin, Ngatimin (2012) Peningkatan minat belajar menulis pada tema keluarga dalam mata pelajaran bahasa Indonesia melalui permainan huruf punggung berantai pada siswa kelas I SDN 01 Tegalgede tahun pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (81kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan minat belajar menulis anak melalui permainan huruf punggung berantai. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 01 Tegalgede Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah permainan huruf punggung berantai dapat meningkatkan minat belajar menulis pada tema keluarga mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas I SDN 01 Tegalgede Tahun Pelajaran 2011/2012?. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas sebagai pelaksanan tindakan, dan kepala sekolah SDN 01 Tegalgede sebagai subyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas I SDN 01 Tegalgede yang berjumlah 29 orang. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilakukan dan dikembangkan selama proses refleksi sampai proses penyusunan laporan, terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui permainan huruf punggung berantai dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar menulis yang meliputi : (a) perasaan senang siswa pada kondisi awal sebanyak 5 siswa ( 18,75 %), pada putaran I sebanyak 9 siswa (31,25%) , pada putaran II sebanyak 18 siswa (62,5%) pada akhir putaran sebanyak 22 siswa (75,86%). (b) Perhatian siswa pada kondisi awal sebanyak 5 siswa ( 18,75%), pada putaran I sebanyak 11 siswa (37,5%), pada putaran II sebanyak 16 siswa (56,25%) pada akhir putaran sebanyak 23 siswa (79,31%), (c) Kemauan siswa pada kondisi awal sebanyak 7 siswa (25%), pada putaran I sebanyak 9 siswa (31,25%), pada putaran II sebanyak 18 siswa (62, 5%) pada akhir putaran sebanyak 22 siswa (75,86%), (d) Kosentrasi siswa pada kondisi awal sebanyak 7 siswa ( 25 %), pada putaran I sebanyak 9 siswa (31,25%), pada putaran II sebanyak 18 siswa (62, 5%), pada akhir putaran sebanyak 23 siswa (79,31%). (e) Kesadaran siswa pada kondisi awal sebanyak 9 siswa (31,25 %), pada putaran I sebanyak 11 siswa (37,5%), pada putaran II sebanyak 20 siswa (68, 75%), pada akhir putaran sebanyak 25 siswa (86,20%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat, permainan huruf punggung berantai.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Feb 2012 10:51
Last Modified: 27 Feb 2012 10:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17056

Actions (login required)

View Item View Item