Peningkatan Hasil Belajar PKn Materi Peraturan Pusat dan Daerah Melalui Penerapan Metode Cooperative Script pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Wonolopo Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karangnyar Tahun 2010/2011

Widiarsih, Linda (2012) Peningkatan Hasil Belajar PKn Materi Peraturan Pusat dan Daerah Melalui Penerapan Metode Cooperative Script pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Wonolopo Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karangnyar Tahun 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (77kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan metode cooperative script pada materi Peraturan Pusat dan Daerah siswa kelas V SD Negeri 01 Wonolopo kecamatan Tasikmadu kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2010/2011. Indikator pencapaian yang akan dicapai adalah ketuntasan belajar siswa mencapai sekurang-kurangnya 85%. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif yang terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data hasil belajar PKn siswa diperoleh data persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 72%, hasil tersebut belum memenuhi indikator pencapaian yang diharapkan sehingga dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II hasil belajar siswa mencapai hasil optimal yaitu sebesar 92%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I ke siklus II, dan mencapai hasil optimal pada siklus II dengan hasil 92% siswa dapat memenuhi nilai KKM (70). Hal ini telah memenuhi indikator pencapaian yang ditentukan yaitu ketuntasan belajar siswa sekurang-kurangnya mencapai persentase 85%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran metode cooperative script dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Peraturan Pusat dan Daerah siswa kelas V SD Negeri 01 Wonolopo kecamatan Tasikmadu kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: cooperative script, hasil belajar siswa, peraturan pusat dan daerah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Feb 2012 07:58
Last Modified: 27 Feb 2012 07:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17045

Actions (login required)

View Item View Item