Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Metode kepala bernomor Terstruktur Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Trobayan Kecamatan Kalijambe Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2011/2012

Ningsih, Fuji Harti (2011) Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Metode kepala bernomor Terstruktur Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Trobayan Kecamatan Kalijambe Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammaadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Cover)
JUDUL_SKRIPSI.pdf

Download (100kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (34kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.1)
BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab.II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.III)
BAB_III.pdf

Download (78kB)
[img] PDF (Bab.IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Bab.V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_-_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui penerapan metode Kepala Bernomor Terstruktur. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini merupakan penelitian kolaboratif antara peneliti dan guru kelas IV SD Negeri Trobayan sebagai subyek pelaku tindakan. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV sd Negeri Trobayan yang berjumlah 17 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain, metode tes, metode wawancara, metode observasi, metode dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber. Pada penelitian tindakan kelas ini, analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan analisis data interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, hasil belajar pada kondisi awal diperoleh rata-rata nilai 5.65 dengan ketuntasan belajar 41% dari 17 orang siswa. Pada siklus I rata-rata nilai yang diperoleh 6,13 dengan ketuntasan belajar 65% dari 17 orang siswa. Pada siklus II rata-rata nilai yang diperoleh 7,47 dengan ketuntasan belajar 88% dari 17 orang siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui penerapan metode Kepala Bernomor Terstruktur dapat meningkatkan hasil belajar IPA Pada siswa kelas IV SD Negeri Trobayan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, metode kepala bernomor terstruktur
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 24 Feb 2012 11:22
Last Modified: 27 Feb 2012 06:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17042

Actions (login required)

View Item View Item