Penggunaan Alat Peraga Permainan Bekel dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Faktor dan Persekutuan

Sukarti, Sukarti (2012) Penggunaan Alat Peraga Permainan Bekel dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Faktor dan Persekutuan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (131kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (68kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (638kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (5kB)
[img] PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika materi Faktor dan Persekutuan melalui pembelajaran menggunakan alat peraga permainan bekel pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Gondangmanis tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas bersifat kolaboratif, peneliti berkolaborasi dengan guru kelas VI. Subyek penelitian adalah peneliti sebagai pelaku tindakan kelas dan siswa kelas IV SD Negeri 01 Gondangmanis, Kabupaten Karanganyar. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes tertulis. Rancangan penelitian tindakan yang dipilih yaitu model siklus terdiri dari beberapa siklus. Setiap siklus meliputi unsur perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif mempunyai empat buah komponen pokok yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar Matematika materi Faktor dan Persekutuan melalui pembelajaran menggunakan alat peraga permainan bekel pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Gondangmanis tahun pelajaran 2010/2011. Hal ini terbukti dapat meningkat dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I 65% dan meningkat serta mencapai hasil optimal pada penelitian siklus II dengan persentase 90%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: alat peraga, hasil belajar siswa, permainan bekel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Feb 2012 06:37
Last Modified: 23 Feb 2012 06:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17028

Actions (login required)

View Item View Item