Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Materi Penyesuaian Diri Hewan Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Siswa Kelas V SD Negeri Gedangalas I Gajah Demak Tahun Pelajaran 2011/2012 (PTK Pembelajaran IPA di Kelas V SD Negeri Gedangalas I)

SARI, RODIANA WIFIA (2012) Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Materi Penyesuaian Diri Hewan Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Siswa Kelas V SD Negeri Gedangalas I Gajah Demak Tahun Pelajaran 2011/2012 (PTK Pembelajaran IPA di Kelas V SD Negeri Gedangalas I). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (323kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (174kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena permasalahan yang muncul yaitu rendahnya hasil belajar siswa mata pelajaran IPA materi penyesuaian diri hewan pada siswa kelas V SD Negeri Gedangalas I Gajah Demak tahun pelajaran 2011/2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA materi penyesuaian diri hewan melalui model pembelajaran picture and picture. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek pelaksana tindakan adalah peneliti sebagai pengajar dan subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD N Gedangalas I yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi data. Triangulasi adalah teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPA materi penyesuaian diri hewan. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang mengalami peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPA khususnya materi penyesuaian diri hewan setelah diterapkan model pembelajaran picture and picture. Jumlah siswa yang mencapai nilai KKM berdasarkan hasil tes siswa dalam kegiatan pembelajaran pada siklus I adalah 11 siswa (55%) dari 20 siswa, dan siklus II sebanyak 19 siswa (95%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran IPA materi penyesuaian diri hewan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPA, model picture and picture.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Feb 2012 10:36
Last Modified: 22 Feb 2012 10:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17014

Actions (login required)

View Item View Item