Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Urai, Ruang Dan Waktu (URW) Pada Siswa Kelas V Di Sd Negeri I Ngrompak, Jatisrono, Wonogiri

Hastuti, Yuni (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Urai, Ruang Dan Waktu (URW) Pada Siswa Kelas V Di Sd Negeri I Ngrompak, Jatisrono, Wonogiri. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (160kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.1)
03._BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img]
Preview
PDF (Bab,II)
04._BAB_II.pdf

Download (74kB)
[img] PDF (Bab.III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab.IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] PDF (Bab.V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan keterampilan menulis karangan yang berdampak pada hasil belajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya menulis karangan melalui metode Urai, Ruang, dan Waktu. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri I Ngrompak yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis karangan siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi menulis kararangan. Keaktifan siswa pada Siklus I mengalami peningkatan, siswa tidak lagi pasif. Peningkatan siswa pada siklus I ini sebesar 41,66%. Sedangkan pada siklus II meningkat lagi sebesar 75,55%. Kemudian dari indikator keterampilan menulis karangan juga dapat diketahui dari a) Siswa yang memiliki keterampilan dalam mengembangkan isi karangan terdapat 27 siswa atau 75%. b) siswa yang mampu dalam menyajikan isi karangan ke dalam pola kalimat ada 26 siswa atau 72,22%. c) kemampuan siswa dalam menggunakan tata bahasa ada 27 siswa atau 25%. d) keterampilan siswa dalam menggunakan gaya pilihan struktur atau kosakata dalam karangan ada 29 siswa atau 80,56%. e) keterampilan siswa dalam menggunakan ejaan dan tanda baca ada 30 siswa atau 83,33%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa. Sebelum dilakukan tindakan siswa yang belum mencapai KKM ada 26 siswa atau 72,22%. Tetapi setelah dilaksanakan tindakan siswa yang telah mencapai KKM (70) sebanyak 36 siswa atau 100%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode pembelajaran Urai, Ruang, dan Waktu dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan yang berdampak pada hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A510/2012-37
Uncontrolled Keywords: Urai, Ruang, dan Waktu, keterampilan menulis, karangan, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 22 Feb 2012 05:04
Last Modified: 25 Jun 2012 10:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16997

Actions (login required)

View Item View Item