Penerapan Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Matesih Kec. Maatesih Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012

SUPARNI, SRI (2012) Penerapan Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Matesih Kec. Maatesih Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (58kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD N 03 Matesih melalui penerapan Think Pair Share (TPS); (2) Untuk mengetahui adanya peningkatan keaktifan belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD N 03 Matesih melalui penerapan Think Pair Share (TPS). Jenis penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 03 Matesih. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Instrumen yang digunakan lembar pengamatan, soal tes, dan daftar nilai kelas IV SD N 03 Matesih. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis komparatif. Hasil penelitian ini, data awal nilai siswa yang mencapai ketuntasan minimal 70 adalah 47, 83%, pada siklus I hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan minimal meningkat menjadi 65,22% dan keaktifan siswa meningkat menjadi 66,66%. Pada siklus II hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan minimal meningkat menjadi 91,30 % dan keaktifan siswa meningkat menjadi 97,82%. Yang mana pada siklus II telah mencapai indikator keberhasilan penelitian yaitu 91,30% siswa mencapai nilai di atas nilai KKM dan tingkat keaktifan siswa mencapai 97,82%. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keaktifan belajar siswa kelas IV SD Negeri 03 Matesih tahun 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share, Hasil belajar, Keaktifan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Feb 2012 07:18
Last Modified: 21 Feb 2012 07:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16973

Actions (login required)

View Item View Item