Hubungan Antara Pemanfaatan Internet dalam Proses Pembelajaran dengan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi

PRATIWI, RATNA (2007) Hubungan Antara Pemanfaatan Internet dalam Proses Pembelajaran dengan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Daftar_Isi_GRESS.pdf

Download (107kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I_REVISI_GRESS.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_REvisi_GRESS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_REvisi_GRESS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_GRESS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_GRESS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka_BenarGRESS.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)

Abstract

Pembelajaran dengan dukungan internet memungkinkan siswa dapat menghasilkan karya-karya baru yang orisinil, memiliki nilai yang tinggi, dan dapat dikembangkan lebih jauh untuk kepentingan yang lebih bermakna. Melalui internet siswa akan memperoleh berbagai informasi dalam lingkup yang lebih luas dan mendalam sehingga meningkatkan wawasannya. Internet dapat dijadikan sarana dalam implementasi Kurikulum BerbasisKompetensi. Penelitian yang dilakukan untuk mengetahui: (1) taraf signifikan hubungan antara implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi dengan pemanfaatan internet (2) penerapan implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi di sekolah (3) seberapa besar pemanfaatan internet untuk penunjang pembelajaran di sekolah (4) sumbangan efektif pemanfaatan internet untuk penunjang pembelajaran terhadap implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi Hipotesis: Terdapat hubungan antara implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi dengan pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Yogyakarta. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 39 siswa. Adapun teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive nonrandom sampling Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode skala implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi dan pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran. Analisis data menggunakan teknik korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan, yaitu: (1) Ada hubungan antara implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi dengan pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran. Hal ini ditunjukkan dengan korelasi product moment diperoleh hasil R = 0,350 dengan p = 0,027 berarti < 0,05 (2) Hasil kategori implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi tergolong tinggi dengan rerata empirik = 106,487 dan rerata hipotetik = 87,5 (3) Hasil kategori pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran tergolong tinggi dengan rerata empirik = 107,795 dan rerata hipotetik = 87,5 (4) Sumbangan efektif pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran terhadap implementasi kurikulum berbasis kompetensi sebesar 12,3%, yang berarti masih terdapat 87,7% variabel-variabel lain yang mempengaruhi implementasi kurikulum berbasis kompetensi, selain pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran, antara lain : lingkungan sekolah, kreativitas guru, buku-buku pelajaran dan motivasi peserta didik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: implementasi, Kurikulum Berbasis Kompetensi, internet, pembelajaran.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Feb 2012 05:27
Last Modified: 13 Feb 2012 11:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16803

Actions (login required)

View Item View Item