Hubungan Antara Ketidaknyamanan Kerja (Job Insecurity) dan Komunikasi Organisai dengan Persepsi Terhadap Panghargaan (Reward)

Ningrum, Eka Septiana Wiyata (2007) Hubungan Antara Ketidaknyamanan Kerja (Job Insecurity) dan Komunikasi Organisai dengan Persepsi Terhadap Panghargaan (Reward). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER.PDF

Download (51kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.PDF

Download (17kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAPUS.PDF

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)

Abstract

Di dalam organisasi, reward atau penghargaan berbasis kinerja mendorong karyawan untuk mengubah kecenderungan para karyawan dari semangat untuk memenuhi kepentingan diri sendiri ke semangat untuk memenuhi tujuan organisasi. Reward ini merupakan faktor penting bagi karyawan sehingga pemberian reward ini akan berdampak pada perilaku dan kinerja karyawan. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara ketidaknyamanan kerja dan komunikasi organisasi dengan persepsi terhadap reward. Populasi dalam penelitin ini karyawan bagian produksi PT. Sari Husada, Tbk Yogyakarta yang berjumlah 159 karyawan, sedangkan sampel yang dijadikan sebagai subjek penelitian adalah subjek yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut: a) Karyawan atau karyawati tetap yang telah bekerja minimal 3 tahun; b) bekerja di bagian produksi, c) pendidikan minimal SMU sederajat yang berjumlah 65 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purpossive non random sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala ketidaknyamanan kerja, skala komunikasi organisasi dan skala persepsi terhadap reward. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi dua prediktor. Berdasarkan analisis menggunakan teknik regresi dua prediktor diperoleh (1) koefisien korelasi R = 0,655; F regresi = 23,256, p = 0,000 (p < 0,01) yang berarti ada hubungan sangat signifikan antara ketidaknyamanan kerja dan komunikasi organisasi dengan persepsi terhadap reward. (2) Koefisien korelasi rpar-x1y = -0,520; p = 0,000 (p<0,01) hasil ini menunjukkan ada korelasi negatif yang sangat signifikan, antara ketidaknyamanan kerja dengan persepsi terhadap reward. Sumbangan efektif ketidaknyamanan kerja terhadap persepsi terhadap reward = 27,106%. (3) Koefisien korelasi rpar-x1y = 0,465; p = 0,000 (p<0,01) menunjukkan ada korelasi positif yang sangat signifikan antara komunikasi organisasi dengan persepsi terhadap reward. Sumbangan efektif komunikasi organisasi dengan persepsi terhadap reward = 15,758%. (4) Subjek penelitian memiliki ketidaknyamanan kerja yang tergolong rendah dengan nilai rerata empirik = 60,892 dengan rerata hipotetik= 92,5; (5) subjek penelitian memiliki tingkat komunikasi dalam organisasi yang tergolong sedang dengan nilai rerata empirik = 119,215 dengan rerata hipotetik = 110; (6) subjek penelitian memiliki persepsi terhadap reward tergolong tinggi, nilai rerata empirik = 107,031 dengan rerata hipotetik = 92,5 Berdasarkan hasil analisis menggunakan analisis step-wise (regresi) diketahui aspek yang paling dominan berpengaruh dari variabel ketidaknyamanan kerja dengan persepsi terhadap reward yaitu aspek ancaman terjadinya peristiwa negatif yang memberikan sumbangan sebesar 26,156%. Adapun aspek pada variabel komunikasi organisasi yang paling dominan pada persepsi terhadap reward yaitu aspek empati dengan sumbangan efektif 16,3365%

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ketidaknyamanan Kerja (Job Insecurity), Komunikasi Organisasi Persepsi terhadap Penghargaan (Reward)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Feb 2012 04:23
Last Modified: 10 Feb 2012 04:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16783

Actions (login required)

View Item View Item