Hubunagn Antara Konsep Diri Akadmeik dan Strategi Koping dalam Menghadapi Ujian Semester

NURROHMASARI, RINA (2007) Hubunagn Antara Konsep Diri Akadmeik dan Strategi Koping dalam Menghadapi Ujian Semester. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.PDF

Download (233kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (34kB)

Abstract

Di dalam proses pendidikan akan selalu ada situasi yang memerlukan pengambilan keputusan. Keputusan-keputusan ini, yang kemudian disebut sebagai keputusan pendidikan, hanya akan dapat diambil secara tepat dan bijaksana apabila dilandasi oleh informasi-informasi yang relevan dan akurat..Dalam hal ini, tes merupakan salah satu sumber informasi yang penting, dimana hasil pengukuran yang diperoleh melalui tes ini biasanya dinyatakan dalam bentuk nilai-nilai individual. Dalam menghadapi ujian semester siswa merasa cemas, khawatir, ataupun merasa tertekan ketika akan menghadapi ujian. Sehingga siswa harus memiliki strategi koping yang baik agar tidak merasa cemas ketika menghadapi ujian. Salah satu karakteristik kepribadian yang mempengaruhi timbulnya kecemasan adalah konsep diri yang dalam penelitian ini dibatasi oleh konsep diri akademik. Konsep diri sendiri merupakan salah satu aspek afektif yang mempengaruhi pe ndekatan siswa dalam belajar, karena cara bagaimana individu memandang dirinya akan mempengaruhi seluruh perilakunya. Ketika harus menghadapi tes, siswa dapat mengalami kecemasan yang antara lain dipengaruhi oleh bagaimana konsep diri akademik siswa itu sendiri. Dalam psikologis, caracara pengatasan masalah yang dihadapi oleh individu merupakan suatu proses/strategi yang disebut dengan istilah proses koping. Koping ini bertujuan untuk mengurangi atau menghilangkan stres yang ditimbulkan oleh masalah yang ada. Strategi koping yang merupakan respon individu terhadap tekanan yang dihadapi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri akademik dengan strategi koping dalam menghadapi Ujia n Semester pada siswasiswi SMP. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada keterkaitan positif antara konsep diri akademik dengan strategi koping dalam menghadapi Ujian Semester. Semakin tinggi konsep diri akademik semakin tinggi pula strategi koping dalam menghadapi Ujian Semester. Penelitia n ini mengambil populasi. siswa-siswi kelas 9 SMP Negeri 1 Kaliwungu, Kaliwungu, Kabupaten Semarang dengan jumlah siswa 240 0rang, baik laki-laki maupun perempuan, dan berusia remaja (12-15 tahun). Alat ukur penelitian ini menggunakan dua skala, yaitu skala konsep diri dan skala strategi koping. Teknik analisis yang digunakan untuk memperoleh sampel adalah purposive random sampling. Hasil analisis data dengan menggunakan teknik korelasi product moment dari pearson diperoleh nilai (R) sebesar 0,443; p = 0,000 (p < 0,01) dan konsep diri akademik pada subjek penelitian tergolong tinggi ditunjukkan oleh rerata empirik sebesar 114,210 dan rerata hipotetik sebesar 92,5. Dan strategi koping dalam menghadapi ujian semester pada subjek penelitian tergolong sedang ditunjukkan oleh rerata empirik sebesar 109,877 dan rerata hipotetik 92,5. Sumbangan efektif variabel konsep diri terhadap strategi koping dalam menghadapi ujian semester sebesar 19,6%, ditunjukkan oleh koefisien determinan (r2) sebesar 0,196. Kesimpulan da ri penelitian ini adalah Ada hubungan positif yang sangat signifikan antara konsep diri akademik dengan strategi koping dalam menghadapi ujian semester. Semakin tinggi konsep diri akademik maka semakin pula tinggi strategi koping dalam menghadapi ujian semester.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: koping, konsep diri, ujian semster
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Feb 2012 04:14
Last Modified: 10 Feb 2012 04:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16782

Actions (login required)

View Item View Item