Hubungan Antara Persepsi Intensitas Pendidikan Akhlak dalam Keluarga dengan Kecenderungan Penyalahgunaan Narkoba PAda Remaja

ISWANTI, ISWANTI (2007) Hubungan Antara Persepsi Intensitas Pendidikan Akhlak dalam Keluarga dengan Kecenderungan Penyalahgunaan Narkoba PAda Remaja. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (35kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)

Abstract

Permasalahan penyalahgunaan narkoba bukan sekedar masalah pribadi tetapi sudah menjadi masalah bangsa, sebab di dalamnya melibatkan para remaja sebagai golongan yang paling rentan dalam penyalahgunaan narkoba. Ada tidaknya pendidikan akhlak dalam keluarga merupakan salah satu faktor yang menyebabkan kecenderungan penyalahgunaan narkoba. Keluarga dalam hal ini orang tua mempunyai peran yang sangat penting dalam pembentukan akhlak pada remaja guna untuk membentuk dan mempersiapkan generasi yang baik dan maju, dan membangun pribadi yang sehat dan benar dalam akhlak dan moralnya sehingga remaja dapat terhindar dar i penyalahgunaan narkoba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi intensitas pendidikan akhlak dengan kecenderungan penyalahgunaan narkoba pada remaja. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan negatif antara persepsi intensitas pendidikan akhlak dengan kecenderungan penyalahgunaan narkoba pada remaja. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa siswi MAN 1 Purwodadi yang berjumlah 720 siswa. Sampel untuk penelitian yaitu masing-masing satu kelas untuk kelas I yaitu X -4 dan kelas II yaitu XI / IPA 1 yang berjumlah 80 orang dan untuk try out adalah satu kelas untuk kelas III yaitu XII / IPA 1 yang berjumlah 40 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah incidental sample. Persepsi intensitas pendidikan akhlak dan kecenderungan penyalahgunaan narkoba pada remaja diukur dengan menggunakan skala. Teknik analisis data menggunakan product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan negatif yang sangat signifikan antara persepsi intensitas pendidikan akhlak dengan kecenderungan penyalahgunaan narkoba pada remaja. Hal ini ditujukkan dengan nilai r = - 0, 498 dan p < 0, 01. Subjek penelitian ini tergolong mempunyai akhlak yang tinggi dan kecenderungan penyalahgunaan narkoba yang rendah. Adapun sumbangan efektif persepsi intensitas pendidikan akhlak terhadap kecenderungan penyalahgunaan narkoba pada remaja sebesar 24, 8 %. Dengan demikian 75,2 % dipengaruhi variabel lain. Kesimpulan ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara persepsi intensitas pendidikan akhlak dalam keluarga dengan kecenderungan penyalahgunaan narkoba pada remaja.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penyalahgunaan narkoba, pendidikan akhlak, remaja.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 Feb 2012 07:51
Last Modified: 09 Feb 2012 12:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16763

Actions (login required)

View Item View Item