Peranan Pendidik dalam Membimbing Peserta Didik Disleksia pada Siswa Kelas III SDN Ngepringan 3 Kecamatan Jenar Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012

MUTTAQIN, SHOLEHAN (2011) Peranan Pendidik dalam Membimbing Peserta Didik Disleksia pada Siswa Kelas III SDN Ngepringan 3 Kecamatan Jenar Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
Halaman_Depan.pdf

Download (126kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (113kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (75kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan pendidik dalam membimbing peserta didik disleksia pada siswa kelas III SD Negeri Ngepringan 3 Kecamatan Jenar Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012. Jumlah murid kelas III 18 siswa, sedangkan yang mengalami disleksia 3 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pokok yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi perkembangan peserta didik disleksia setelah mendapatkan pelayanan khusus cukup membantu mereka, setelah beberapa kali pertemuan mereka sudah bisa membaca walaupun masih belum lancar seperti teman-temannya. Artinya pelayanan yang diberikan guru sangat membantu siswa dalam proses belajarnya. Ini dibuktikan dengan adanya bimbingan kesulitan belajar membaca siswa yang dialami oleh ketiga siswa secara keseluruhan tinggal 48,48% atau peningkatan yang terjadi sebesar 15,15% dalam dua kali bimbingan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A510/2011-042
Uncontrolled Keywords: peranan pendidik, disleksia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 5 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2012 08:42
Last Modified: 11 Jan 2012 05:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16408

Actions (login required)

View Item View Item