Pengaruh Mekanisme Corporate Governance Dan Levarage Terhadap Manajemen Laba Dan Kinerja Perusahaan(Studi Pada Perusahaan Manufaktur di BEI tahun 2008- 2010)

SUSILOWATI , HENI (2011) Pengaruh Mekanisme Corporate Governance Dan Levarage Terhadap Manajemen Laba Dan Kinerja Perusahaan(Studi Pada Perusahaan Manufaktur di BEI tahun 2008- 2010). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (398kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (72kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh mekanisme corporate governance, yang meliputi ; kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, ukuran dewan komisaris, proporsi dewan komisaris independen, ukuran komite audit dan leverage terhadap manejemen laba. Dan juga menguji pengaruh mekanisme coprporate governance dan leverage terhadap kinerja perusahaan. Penelitian ini juga menguji konsekuensi manejemen laba terhadap kinerja perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data sekunder berupa annual report yang berisi laporan keuangan perusahaan yang dipublikasikan dalam website IDX (Indonesian Stock Exchange) selama tahun 2008 sampai tahun 2010. Metode pengambilan sampel dengan purposive sampling menghasilkan 198 perusahaan periode 2008-2010. Metode analisis penelitian menggunakan regresi berganda. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Mekanisme corporate governance (kepemilikan manajerial, ukuran dewan komisaris, dan proporsi dewan komisaris independen) berpengaruh terhadap manajemen laba. (2) Mekanisme corporate governance (kepemilikan institusional dan proporsi dewan komisaris independen) serta leverage berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. (3) Manajemen laba berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Manajemen laba yang dilakukan manajer terhadap laporan keuangan akan mempengaruhi kinerja keuangan perusahaan.   Kata kunci: Mekanisme Corporate Governance, Leverage, Manajemen Laba, Kinerja Perusahaan

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Mekanisme Corporate Governance, Leverage, Manajemen Laba, Kinerja Perusahaan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 21 Dec 2011 10:22
Last Modified: 21 Dec 2011 10:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16226

Actions (login required)

View Item View Item