Hubungan Antara Usia Ibu Hamil dengan Angka Kejadian Abortus di RSUD Dr. MOEWARDI Surakarta Periode Januari 2009-Desember 2010.

TIARA, WINDA (2011) Hubungan Antara Usia Ibu Hamil dengan Angka Kejadian Abortus di RSUD Dr. MOEWARDI Surakarta Periode Januari 2009-Desember 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (370kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
BAB_V.pdf

Download (5kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)

Abstract

Di Indonesia angka kejadian abortus berkisar antara 750.000 sampai 1,5 juta kasus, angka kejadian abortus berdasarkan laporan rumah sakit banyak terjadi. Adapun beberapa karakteristik penyebab umumnya, dapat didefinisikan yaitu tingkat pendidikan, pekerjaan, status ekonomi, tinggal di daerah perkotaan, status perkawinan, umur dan paritas. Berdasarkan berbagai penelitian, wanita hamil di atas usia 35 tahun punya risiko tinggi untuk mengalami abortus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis ada hubungan antara usia ibu hamil dengan angka kejadian abortus. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Metode pengambilan sampel secara Cross Sectional Jumlah sampel 279 ibu hamil yang diperoleh dari rekam medis di RSUD Dr. Moewardi Surakarta periode 2009-2010. Hasil penelitian diuji dengan uji statistik chi square dengan program SPSS 16. Dari uji beda Chi-Square, menunjukkan terdapat hubungan antara usia ibu hamil dengan angka kejadian abortus di RSUD Dr. Moewardi Surakarta, karena diperoleh nilai X2 hitung sebesar 89,272 dan untuk signifikansinya didapatkan angka probabilitas sebesar 0,000. Dari angka probabilitas tersebut dapat diketahui bahwa kedua variabel tersebut berhubungan karena angkanya < 0,05. Sedangkan hasil kekuatan hubungan melalui uji koefisien korelasi didapatkan angka sebesar 0,545 yang berarti kekuatan hubungannya sedang. Kesimpulannya ada hubungan antara usia ibu dengan angka kejadian abortus (ada hubungan yang signifikan antara usia ibu dengan angka kejadian abortus).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK J500/2011 - 27
Uncontrolled Keywords: Usia Ibu – Abortus
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 15 Dec 2011 11:13
Last Modified: 17 Jan 2012 07:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16120

Actions (login required)

View Item View Item