Hubungan antara pengetahuan dengan sikap lansia penderita osteoporosis dalam upaya pencegahan jatuh di rumah di Puskesmas Kartasura

PINANDITA, ADITYA NOVAN and , Agus Sudaryanto, S.Kep Ns. M.Kes and , Tomy Ady Prasetyo, Skp. B.N (2011) Hubungan antara pengetahuan dengan sikap lansia penderita osteoporosis dalam upaya pencegahan jatuh di rumah di Puskesmas Kartasura. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (168kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_SATU.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_DUA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_TIGA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_EMPAT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_LIMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Dfatar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)

Abstract

Pada usia lanjut terjadi penurunan kondisi fisik atau biologis, kondisi psikologis, serta kondisi sosial. Salah satu masalah kesehatan yang perlu mendapatkan perhatian serius pada masa usia lanjut adalah osteoporosis. Gangguan yang sering muncul pada lanjut usia yang menderita osteoporosis adalah jatuh. Pengetahuan lanjut usia penderita osteoporosis tentang pencegahan jatuh akan mempengaruhi sikap lanjut usia dalam pencegahan jatuh. Pencegahan jatuh pada lanjut usia dapat dilakukan dengan cara mengidentifikasi faktor resiko, menilai keseimbangan dan gaya berjalan, serta mengatur atau mengatasi faktor situasional. Hasil wawancara dengan dua lanjut usia mereka mengeluhkan kejadian jatuh saat melakukan aktifitas sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai hubungan antara pengetahuan dengan sikap lanjut usia penderita osteoporosis dalam upaya pencegahan jatuh di rumah di Puskesmas Kartasura. Penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain korelasi deskriptif. Penelitian ini di laksanakan di wilayah kerja Puskesmas Kartasura pada bulan Juli hingga Agustus 2011. Populasi dalam penelitian ini adalah semua penderita osteoporosis dengan jumlah sampel sebanyak 32 orang dengan teknik total sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah pengetahuan lanjut usia penderita osteoporosis dan sikap lanjut usia dalam pencegahan jatuh. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dengan teknik analisa data uji Fisher Exast Test. Kesimpulan. (1) tingkat pengetahuan lanjut usia tentang pencegahan jatuh pada lanjut usia di puskesmas kartasura sebagian besar adalah baik (63%), (2) sikap lanjut usia dalam mencegah jatuh di puskesmas kartasura sebagian besar adalah baik (53%), (3) terdapat hubungan yang signifikan tingkat pengetahuan lanjut usia tentang pencegahan jatuh dengan sikap lanjut usia dalam mencegah jatuh pada lanjut usia di puskesmas kartasura (χ2 hitung = 6,099 dan p-value = 0,014). Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan pada lanjut usia untuk berhati-hati dalam melaksanakan aktifitas di rumah dan menghindari segala hal yang dapat menyebabkan jatuh.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK J210/2011 - 36
Uncontrolled Keywords: lanjut usia, osteoporosis, penjegahan jatuh, pengetahuan, sikap.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Dec 2011 07:18
Last Modified: 19 Apr 2016 03:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16046

Actions (login required)

View Item View Item