Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa Menggunakan Strategi Pembelajaran Lightening The Learning Climate dengan Media Dua Dimensi pada Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012

Anjani, Dewi (2011) Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa Menggunakan Strategi Pembelajaran Lightening The Learning Climate dengan Media Dua Dimensi pada Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (124kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 10 Surakarta dengan menerapkan strategi pembelajaran Lightening The Learning Climate menggunakan media dua dimensi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi dengan menggunakan strategi pembelajaran Lightening The Learning Climate dengan media dua dimensi yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus II melalui empat tahapan yakni pegumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I (ranah kognitif = 73,65 atau meningkat sebesar 13,27 dari nilai awal sebesar 60,38; nilai afektif = 41,57 (kategori sikap positif). Rata-rata hasil belajar pada siklus II (ranah kognitif = 81,15 atau meningkat sebesar 7,5 dari siklus I; ranah afektif = 45,5 (kategori sikap sangat positif). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran biologi pada materi pertumbuhan dan perkembangan manusia melalui strategi pembelajaran Lightening The Learning Climate dengan media dua dimensi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Strategi Pembelajaran Lightening The Learning Climate, media dua dimensi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Dec 2011 05:46
Last Modified: 05 Dec 2011 05:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15759

Actions (login required)

View Item View Item